ardee blog

coretan tertulis

masih merokok….

Posted by ardee on May 23, 2010

membaca berita di detik.com beberapa hari yang lalu tentang di lakukan nya peraturan gubernur dki tentang larangan merokok di dalam gedung yang menuai pro kontra.

bagi para perokok berat tentu dengan hawa nafsunya yang mungkin mengalahkan akal sehatnya sangat menentang peraturan ini, karena notabene akan menyulitkan mereka untuk menyalurkan hobby nya. padahal kalau dipikir dengan akal sehat dan hati nurani tentulah mereka membenarkan peraturan ini.

sedangkan kalangan yang tidak merokok atau sangat benci terhadap asap rokok, tentu akan bergembira ria atau ada mgkn juga yg biasa2 saja dengan peraturan ini, karena peraturan ini tidak berdampak bagi mereka.

bagi saya yg bukan perokok dan tidak suka terhisap asap rokok orang yg merokok di sekitar tentu saja mendukung peraturan ini, karena dalam ruangan apalagi yang berpendingin ruangan tentu saja sirkulasi udara nya tidak selancar, di ruangan terbuka dan asap rokok tadi tentu akan mencemari dan mengurangi kadar oksigen yang tersikulasi di ruangan tsb.

sebenarnya kampanye mengurangi atau menghentikan merokok itu sudah tersebar dimana2, sampai  di tiap bungkus rokok dan iklan rokok selalu menyebutin bahaya merokok. sampai2 bagi umat muslim, sebagian para ulamapun telah menfatwakan melarang merokok. tapi tetap saja para perokok mengacuhkan itu semua. walaupun mungkin jika dilakukan survey, rata2 para perokok itu tahu akan bahaya merokok yang mengancam kesehatan mereka dan mereka juga (bagi yg muslim) tahu akan fatwa haram merokok tsb.

tapi mungkin karena mengikuti hawa nafsu nya dengan gampang mereka mematahkan semua itu, utk bahaya dalam kesehatan dengan gampang mereka mengatakan si anu tidak merokok tetap aja sakit jantung, atau si badu yang tdk merokok tetap aja mati. sedangkan untuk yang fatwa haram tadi mereka berlomba2 mencari alasan utk menyangkalnya seperti tidak ada dalil dalam Al-Quran dan hadist,  bilangin ulama lebay dan nggak ada kerjaan lain (Astagfirullah), sampai2 menyatakan berapa ribu org pekerja pabrik rokok yang akan jatu miskin karena kehilangan nafkah (bukankah masalah rezeki itu sebenarnya hanya Allah yg maha tahu dan yang mengaturnya).

saya tidak akan latah untuk mengupas disini bahaya rokok baik untuk para perokok dan orang2 yg disekitarnya, cuma kebayang saja jika uang yang tadinya buat beli rokok tsb dialihkan membeli belanjaan di sektor2 informal, tentu betapa banyak ukm (usaha kecil menengah) yang terbantu atau kalau bicara sosial seandainya diberikan pada panti asuhan atau fakir miskin, tentunya bakal merubah nasib mereka. daripada dibiarkan uang itu terbakar dan memberikan mudharat bagi diri sendiri dan orang sekitar.

karena menurut sumber ini ada hampir 147 juta orang di negera ini yang merokok dan kalilan saja dengan berapa harga rokok. terbayangkan berapa jumlah uang yg akan dilokasikan utk hal yang saya sebut diatas tadi setiap bulannya.

dari mulai dari sekarang, lawan lah hawa nafsu, bukan kah kita sebagai manusia diberikan akal pikiran untuk mengendalikan hawa nafsu.
tidak usah menunggu pemerintah untuk bertindak lebih giat untuk mengentikan laju rokok atau menunggu orang lain utk berhenti merokok, pasang niat dan segera googling cara2 menghentikan merokok. semoga berhasil………

36 Responses to “masih merokok….”

  1. yani said

    alhamdulillah suamiku bukan perokok. (alm) ayah dan kakakku juga bukan perokok. makanya aku paling sensitif kalo ada asap rokok, secara itu racun banget buat kita yg perokok pasif. dulu pernah siy aku bikin tulisan ttg Spesial Untuk Para Perokok. Mudah2an menjadikan sadar para perokok itu ya….

  2. yanrmhd said

    memang yang mengasikkan itu sulit dilawan pak…
    para perokok lebih baik tak makan daripada tak merokok,,
    padahal mereka dah tau sih, dampak rokok bagi kesehatan
    dan biasa ngehibur diri aja klo ada yg bilang klo ngroko
    jadi bikin kuat, segar…itu mah dah kecanduan,,,

    sehat itu mahal, dan akan disadari klo dah kehilangan
    kesehatan itu,

    salam sehat🙂

    • ardee said

      yupp… saya yakin mereka sdh pada tahu bahaya merokok, kalo masih ada yg lom tahu, mgkn tinggal di hutan belantara kali ya…..😀
      karena zaman informasi yg skrg telah berkembang pesat.

  3. iin syah said

    Saya dan semua anggota keluarga gak ngerokok..
    tapi saya sangat sangat menghormati orang
    yang merokok, asalkan jangan dekat2 saya,
    bayi, anak2, dan ibu hamil………

    salam🙂

  4. Asop said

    Hfffffffttt… merokok….Ga ada gunanya….😦

    • ardee said

      bener sop… mungkin kalo alasanannya buwat ngusir kejenuhan atau mati gaya, bukankah skrg telah banyak gadget murah yg terkoneksi ke internet.

  5. Para perokok siyalan itu…mau mati aja ngajak2x! Perokok pasif lebih parah effeknya drpd si perokok aktip. Dalam asap rokok terdapt lbh dr 4000 chemical coumpounds:irritants, carcinogens, toxin dll. (pas chapter respiratory system nih haha)

    Ini FDA America lama banget sih ngesahin temuan vaksin narkoba ama nikotin. Biar gak ada lg perokok di tahun2x kedepan.

    • ardee said

      makasih atas info baru-nya, mbak…
      denger2 di negeri mbak sana, kalo tampangnya masih imut2 walaupun sebenarnya umur dah kepala 3 kalo beli rokok ditanyain kartu idenditas kan ama yang jual? dan harga rokoknya pun selangit…

  6. dykapede said

    Selamat pagi, alhamdulillah sekarang saya dan ayah tersayang sudah tidak merokok lagi, tapi malah ketagihan cemilan untuk dimakan setiap harinya…:-D

  7. julianusginting said

    kebetulan saya ga merokok bro..🙂

  8. didot said

    sayang melakukan sesuatu yg sia2,apalagi merusak diri kita sendiri,yg seharusnya kita jaga baik2 karena merupakan amanah dari Allah🙂

  9. pakosu said

    Merokok=membakar uang.
    Bagi saya netral aja, mau merokok silahkan cari tempat yang tidak mengganggu. Bagi yang tidak perokok, itu adalah tindakan bener. Soal larang-melarang, itu juga sudah kerjanya yang punya kuasa. Apolah ka lamaknyo rokok, kan indak kanyang bagai awak dek marokok tu do.🙂

    • ardee said

      trims utk kunjungannya pak osu…
      koq yg marokok, kato mereka sabana sero marakok tu pak, kalau abih makan ndak marokok, samo juo makan ndak ado samba ladonyo mah…
      (sstt… sorry yg lain, lagi kepengen pake bahasa ibu neh….😀 )

  10. Saya juga miris ketika ada resistensi terhadap fatwa ulama kemarin. Demi sebatang rokok mereka mencaci waritsatul anbiya. Sedih.

    • ardee said

      itu lah kalo cuma mengedepankan nafsu, seakan2 mereka lebih alim daripada ulama, padahal sebagian dari mereka bisa jadi mgkn cuma islam abangan….

  11. BimaSakti85 said

    mari kita tahan hawa napsu yg merugikan diri sendiri & org lain…

  12. wahh..mudah2an aturan ini dapatkan manfaatnya…

  13. bagi yang suka merokok ya merokoklah tapi jangan sampai kebiasaan kalian menganggu orang-orang yang tidak merokok terutama asapnya itu yang sangat menganggu

  14. Delia said

    Alhamdulillah lia gak merokok😆

    tapi sangat sedih sampe skrg abah lia gak bisa dinasehati untuk berhenti😦

  15. arman said

    iya paling sebel ama orang yang ngerokok dan gak tau aturan…

  16. Zilko said

    Aku juga bukan perokok, dan nggak akan pernah merokok. Suka sebal nih sama orang yang cuek aja merokok di dalam ruangan. Kaya dia nggak peduli sama kenyamanan orang di sekitar ia saja, kan banyak yang terganggu sama asapnya. Egois!! Kalau dia mau merokok, ya silakan saja toh itu duit dia dan yang sakit (karena merokok) juga dia, cuma mengapa ia “memaksa” orang lain yang nggak salah apa2 ikut menanggung akibatnya (minimal dari segi ketidak-nyamanan)? Egois banget tuh.

    Nggak tahu deh gimana untuk membuat semua perokok sadar. Mau dibuatin ruang khusus merokok pun, mungkin percuma, hahaha… .

    Katanya sih di kalangan kurang mampu, anggaran belanja rokok mereka besar lho!! Justru aneh kan!!

    • ardee said

      mgkn saking nikmatnya rokok (versi mereka) jadi mereka lupa akan orang2 lain yg di ruangan itu, kecuali ada yg terbatuk2 gara asap mereka yg membuat mereka sadar…..

  17. paling ga suka liat perokok nimbrung sama orang ga merokok..kasihan kami lah yang ga merokok….

  18. Deka said

    Kalo melawan hawa nafsu itu gampang, mungkin saya sudah lama berhenti. Just My Opinion.

  19. Benar juga. Banyak hal yang bisa dijadikan lebih bermanfaat bila batang2 rokok yang dirupiahkan itu dialihkan ke sektor lain, semacam UKM. Pasti banyak manfaat yang bisa dicapai guna meneningkatkan kesejahteraan

  20. ossmed said

    monyet aja tau rokok enak,, hehehe piss^^
    salam kenalll
    penyakit menular seksual: sifilis/penyakit raja singa

  21. dreesc said

    kalo mo berenti roko harus dari diri sendiri…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: