ardee blog

coretan tertulis

kunjungan separo mendadak…

Posted by ardee on April 30, 2010

sekitar hampir dua minggu yang lalu,  kedatangan separoh mendadak seorang blogger yang kebetulan juga adik ipar beserta istri dan adiknya  ke batam dari pangkal pinang bangka….

karena judulnya separoh mendadak, terpaksa siang itu sang istri tercinta yang bisa menjemput ke pelabuhan punggur, karena mereka bertiga datang dengan kapal pelni route: belinyu (bangka) – kijang (tanjung pinang) terus dilanjutkan dengan ferry dari tanjung pinang – punggur (batam), yang mana sebelumnya harus naik taxi terlebih dahulu dari pelabuhan kijang ke pelabuhan tanjung pinang, separoh ribet kan? mgkn tidak, kalo utk yg msh single, tapi kalo yg dah bawa pasukan, nggak kebayang ribetnya, gonta ganti moda transportasi sebelum sampe tujuan di batam….

penerbangan yang cuma 1x seminggu dari pangkal pinang ke batam dan itu pun hanya ada satu airline saja, memang terasa memberatkan dan memaksa  orang utk  mengambil alternatif  lewat laut atau transit dulu di jakarta, jika hendak ke batam. mungkin bisa jadi  sebuah pe er bagi pemko batam untuk menunjang traffic dalam mensukseskan program visit batam 2010.

ternyata begitu sampai di pelabuhan punggur,  pendatang (tdk pemegang ktp batam) tidak lagi diwajibkan untuk memberikan uang jaminan seperti yg diamanatkan oleh perda lama. karena perda baru telah berlaku per 1 april 2010. memang sih sebenarnya peraturan lama tsb bertujuan untuk membatasi ledakan penduduk (pendatang) di kota batam.

karena ini kunjungan perdana mereka ke batam, jadi tentulah harus dibawa keliling2 batam…

malam itu, abis sholat maghrib start utk keliling batam dimulai, sowan ke rumah tante yang tinggal di kawasan bengkong, kemudian dilanjutkan ke kawasan bukit senyum untuk menikmati pemandangan gemerlap lampu gedung2 pencakar langit yang kelihatan dari kawasan bukit senyum tsb. untung malam itu langitnya cerah, jadi pemandangan kota singapuranya tidak tertutup awan.

singapore view dari bukit senyum di siang hari (pict: dari bukit senyum siang hari (pict: http://4.bp.blogspot.com)

singapore view dari bukit senyum di siang hari (pict: dari bukit senyum siang hari (pict: http://4.bp.blogspot.com)

karena perut dah keriuk2 bunyinya, langsung menuju warung tenda sarilaut di kawasan pojok nagoya yang memang terkenal rame karena cocok di lidah dan di kantong.
saat menikmati jamuan makan seafood ini, sepasang suami istri yang turis dari negeri jiran alias malaysia, nyeletuk ke kami, bahwa sudah 2 hari mereka makan di beberapa tempat di batam, baru di warung tenda seafood inilah mereka betul2 lahap, memang saya saksikan semua piring yg diatas meja mereka bersih kinclong.
mereka bilang, karena pas lewat depan warung tenda ini keliatan rame orang pada makan, mereka pikir kalo rame pastilah enak dan ternyata terbukti….

setelah makan malam usai, saya  bawa rombongan mutar kawasan nagoya dan jodoh dan tidak lupa melewati salah satu hotel di kawasan jodoh yang arsitekturnya mirip  kapal pesiar…

hotel pacific batam

setelah itu saya bawa rombongan ke daerah tanjung uma, dimana disini juga bisa menyaksikan pemandangan kawasan jodoh-nagoya dan singapura di waktu malam.

karena telah larut malam, kami kembali ke rumah. besok paginya start lagi utk acara keliling2 nya. targetnya adalah salah satu tempat wajib yang harus dikunjungi pabila ke batam yaitu jembatan barelang.

karena perjalanan dari rumah di kawasan batam centre menuju jembatan barelang ini melewati kawasan industri batamindo, maka kendaraan saya belokkan untuk berputar2 di kawasan industri ini, terlihat bangunan2 pabrik yang disewa oleh manufacturer terkenal dunia seperti phillips, siemens, sanyo, panasonic, ciba vision, dll sampai ke kawasan asrama atau dormitory yang berada di kawasan ini.

akhirnya sampai juga kami di jembatan satu barelang, parkir sebentar di tengah jembatan, berfoto ria sambil menikmati pemandangan pulau2 di sekitar.

pose mereka dengan background jembatan satu barelang….
jembatan barelang background

pemandangan pulau2 sekitar dari atas jembatan satu barelang….
pulau2 sekitar jembatan

jembatan satu barelang yang masih setia berdiri dengan kokoh…….

jembatan barelang yg gagah dan kokoh...

sebenarnya jumlah jembatan besar yang menghubungi pulau batam rempang galang (barelang) ini ada 6 jembatan, karena keterbatasan waktu hanya dua jembatan saja yang dilewati, karena totalnya untuk mencapai jembatan 6 yang paling ujung di pulau galang itu memakan jarak sekitar 50km-an, dimana di jembatan 6 tsb terdapat tempat wisata sejarah yaitu tempat bekas pengungsi vietnam di era tahun 1970an…

setelah puas menikmati pemandangan dan tiupan angin sepoi2 di jembatan satu dan dua barelang, perjalanan dilanjutkan ke pasar seken terbesar yg terletak di kawasan tembesi sebagaimana yang di referensikan tempat kunjungan di batam oleh batavia in-flight magazine, tapi ternyata ketika sampai disana, cuma kelihatan sepi dan kebanyakan adalah toko2 furniture seken.

karena tdk sesuai harapan, maka saya bawa ke pasar seken yang berada di kawasan pertokoan aviari batu aji yang letak nya tidak jauh dari tembesi. di kawasan aviari ini selain furniture, ada juga pakaian, sepatu,  toys, elektronik yang serba seken. disini kami hampir membeli fin alias sepatu katak utk selam, sayang ukurannya tdk ada yg pas alias kekecilan.

setelah putar2 di kawasan seken aviari ini, maka berlanjut utk makan siang dengan menu khas batam yaitu sup ikan di salah satu restoran di nagoya dan setelah itu berkeliling di mall di nagoya sampai sore dan juga tidak lupa mampir ke salah satu supermarket di kawasan penuin yang terkenal sebagai tempat beli oleh2 khas malaysia batam.

besok harinya rombongan melanjutkan liburan mereka ke jakarta melalui bandara international hang nadim batam, byee….

a huge thanks to ayah rafif for lending me his new avanza, my unta was moving to another cage a few days before this sudden visit....

19 Responses to “kunjungan separo mendadak…”

  1. arman said

    dulu pernah sempet sering ke batam pas masih jadi auditor. ya di daerah pabrik2 itu… namanya AIT. singkatanya apa ya lupa… A nya itu astra. I nya lupa. T nya kayaknya technology. Tau gak? Perusahaannya bikin microchips gitu…

    batam emang banyak banget restoran seafood ya. dimana2 restoran seafood. hehehe.

    btw salam kenal balik ya…

    • ardee said

      wah tau banget kalo yang itu, mas….
      t nya dah bener, kalo a utk advanced, i nya interconnect, sebelumnya memang bernama astra dibawah bendera astra international.
      dulunya pabrik ini jadi salah satu favourite para job seeker di batam, karena renumeration yg ditawarkan, ntah kalo skrg….

      • delia4ever said

        AIT sudah berganti nama kan pak ? lia lupa apa namanya..😀

      • ardee said

        yupp… sekarang jadi nama unisem, ownernya tempat delia kuliah skrg, kalo dulu kan yg punya paman sam…

  2. Asop said

    Wow… itu foto beneran hotel di Batam?😀
    Berapa biaya nginap di sana?? Gile, mirip kapal pesiar.😆

    • ardee said

      bener dong, bro…
      pastinya nggak semahal kapal pesiar karena kapal yg ini nggak kemana2 alias diam di tempat…
      konon, semua staff hotel tsb pakaian kerjanya mirip dengan pekerja di kapal, jadi memang serasa sedang berpesiar dg kapal betulan….

  3. vany said

    wah, aku blm prnh ke batam, mas…
    ntar kalo aku kesana, diajak jalan2 jg ya…🙂

    *slm knl dan mksih udah mampir di blogkuw*

    • ardee said

      makanya ajak teman2/keluarga rame2 ke batam, mbak….
      wah boleh2… kalo nggak sempat nanti diwakili ama yg lain jalan2 nya😀

  4. Zilko said

    wah, hotel kapal pesiar itu unik juga ya. Btw, baru tahu nih kalo Batam bisa dijadikan tempat tujuan wisata, soalnya selama ini image yang melekat tentang Batam kan sebagai kawasan industri, hehehe

    • ardee said

      selain kawasan industri, dulunya mungkin lebih terkenal dengan wisata shopping, karena barang2 lbh murah daripada daerah lain.sayang skrg mgkn sdh tidak lagi… :(( tapi saat ini batam sdh mengembangkan wisata pantai dgn berdirinya adanya bbrp resort. baru2 ini batam adalah tuan rumah beach volley ball asia pacific tournament…

  5. kawasan nagoya dan jodoh ngak ada fotonya ya, padahal saya pengen sekali liat pic nya, apakah seseorang yang singgle ke sana bisa mudah dapat jodoh seperti namanya

    • ardee said

      waktu itu nggak kepikiran mau posting di blog, makanya fotonya minim sekali dan sbgn nyolong dari mbah google.
      mgkn bisa jadi kalo bermukim lama di jodoh, bakalan dapat jodoh. he..hee..
      tp dulunya di kawasan jodoh tsb ada nama pantai yg dinamai pantai stress lho…, mgkn bisa nebak2 korelasi antara nama jodoh dan pantai stress

  6. Tary Sonora said

    itu hotel kok keren banget yah

  7. delia4ever said

    Mudah2an suatu saat bisa ketemu pak ardee dibatam .. heheh

  8. kikakirana said

    Aih keren foto”nya… Qk jadi pengen kesana juga…
    apalagi itu… hotel pacific batam sama waktu pemandangan singapore dari bukit senyum <<<<< gak salah kan?

    sepertinya indah banged ya😀

    kapan QK bisa kesana ya… @.@

    HIDUP!!! ^_^

    • ardee said

      tebakan yg bener….

      monggo maen ke batam, mbak kika…
      siapin passport, kalo dah selesai muterin batam, tinggal nyebrang ke singapore atau malaysia…
      jadi nggak usah cuma mandangin singapore aja dari batam…

  9. rose said

    batam tuh panas ya mas…😦 keliatannya kok ga ada pepohonan yang rimbun tuh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: