ardee blog

coretan tertulis

sekolah di batam

Posted by ardee on April 4, 2010

school (pic: from googling....)

tak terasa tahun ajaran baru mulai dekat, dimana2 di pinggir jalan di batam dengan mudah di temui spanduk2 penerimaan murid sekolah baru utk tahun ajaran 2010/2011. tentunya itu adalah sekolah2 swasta, sedangkan sekolah negeri masih belum dalam tahapan penerimaan calon murid.

kota batam yang mungkin bisa di katakan kota yang masih baru atau muda, paling banyak terdapat anak2 usia balita dan sekolah dasar. pemenuhan kebutuhan sekolah (terutama) sekolah negeri, hampir tiap tahun terdengar beritanya, karena saking banyaknya calon murid sekolah  dibandingkan dengan jumlah sekolah negeri, oleh sebab itu pemerintah kota batam selalu berupaya menambah jumlah sekolah atau gedung2 kelas.

insyaAllah tahun ajaran ini si kakak (fazia) yang berumur sekitar 6 thn-an, belum genap 7 tahun dan si adek (zaky) berusia  4 tahun. rencananya si kakak yang sekarang sedang menempuh tk b  (tk b adalah istilah di batam utk kelas tk nol besar dan tk a untuk tk nol kecil), akan lanjut ke sekolah dasar dan si adek bakal mengenyam pendidikan tk 0 kecil.

ada keinginan untuk memasukkan si kakak ke sekolah negeri unggulan (standar nasional) di salah satu sd negeri di kota batam, walaupun sebenarnya lokasinya tidak dekat dengan rumah. kalo sekedar sekolah negeri ada sih dekat rumah, tapi tentunya orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk masa depan anaknya. tapi seperti info dari tahun sebelumnya, karena membludaknya pendaftar, untuk sekolah negeri baik standar atau unggulan, biasanya yang di utamakan adalah calon murid yang telah berusia 7 tahun atau lebih (usia sekolah yang di tentukan pemerintah) dan juga tentunya harus lulus test terlebih dahulu (untuk sekolah unggulan). tentu masalah umur ini bisa menjadi kendala buat si kakak, kalau masalah test masuknya, insyaAllah saya yakin akan kemampuan si kakak.

karena terkendala di masalah usia si kakak tadi, saya pun harus mendaftarkan si kakak di sekolah swasta yang bagus mutunya, kalo tidak mau nanti nya sekolah yg bagus tsb sudah penuh dan tidak menerima pendaftaran lagi. karena mengingat sekolah swasta yang favorit2 / bagus mutunya juga diserbu para calon murid mulai dari sekarang, biasanya mereka yang memang usia kurang dari 7 tahun.

ketika saya bandingkan dengan keponakan yang sekolah di salah satu sd islam terpadu yg juga sekolah ternama dengan prestasi sekolahnya di kota padang, ternyata bisa dikatakan biaya pendidikan di kota batam mungkin agak lebih tinggi dibanding kota lain. dari beberapa brosur penerimaan murid baru untuk sekolah sd dan tk yang kami dapatkan. untuk masuk tk saja mereka mematok angka minimal 2.5 jt, dan bulanan bisa mencapai 200 rb-an di luar mobil antar jemput (kalo ikut). ini baru tk, beda lagi utk sekolah dasarnya. tentunya brosur2 tsb utk sekolah2 favorit bagi kelas menengah, kalo untuk yg high class, tentu angkanya berbeda lagi…

2010, what a tough year….! mudah2an Allah melapangkan semua urusan dan memberikan yang terbaik, amiin….

9 Responses to “sekolah di batam”

  1. tomi said

    Batam memang mahal.. biaya hidup hampir sama kayak di jakarta😀

  2. wong cilik said

    semoga kita semua dimudahkan urusannya… amin juga

  3. delia4ever said

    makanya SMU lia diungsikan ke Medan pak.. hehe..

    kalo kuliah ada untungnya di Batam.. karena bisa sekalian kerja… jadi walaupun mahal bisa dibayar dengan gaji yg ada…

  4. […] karena judulnya separoh mendadak, terpaksa siang itu sang istri tercinta yang bisa menjemput ke pelabuhan punggur, karena mereka bertiga datang dengan kapal pelni route: belinyu (bangka) – kijang (tanjung pinang) terus dilanjutkan dengan ferry dari tanjung pinang – punggur (batam), yang mana sebelumnya harus naik taxi terlebih dahulu dari pelabuhan kijang ke pelabuhan tanjung pinang, separoh ribet kan? mgkn tidak, kalo utk yg msh single, tapi kalo yg dah bawa pasukan, nggak kebayang ribetnya, gonta ganti moda transportasi sebelum sampe tujuan di batam…. […]

  5. dida said

    batam kan “singapurnya Indonesia” ya😀

  6. khairul said

    Kalo boleh, bagi info sekolah islam terpadu yg ada di Batam. Kemaren udah liat SIT Hang Nadim Malay di Tiban. Kendalanya sekolah gak nyediaan fas antar jemput resmi. Tks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: