ardee blog

coretan tertulis

masjid yang jarang sepi….

Posted by ardee on March 27, 2010

masjid nurul islam batam (picture: http://www.nurulislamgroup.or.id)

hari jum’at kemaren, alhamdulillah masih di beri kesempatan untuk sholat jum’at di masjid nurul islam yang terletak di kawasan batamindo industrial park batam.

ada 2 masjid di kawasan industri ini yang satu lagi bernama masjid nurul iman. masjid nurul islam adalah masjid yang pertama dan terbesar di kawasan ini.

seperti lumrahnya, sebelum khatib naik mimbar, pengurus mesjid menyampaikan pengumuman2 tentang aktivitas mesjid dan pengumuman lainnya ke jamaah sholat jum’at. kemaren terdengar salah satu unit kegiatan mesjid yaitu radio rg (rabbani generation) 108.7 fm sdh bisa di denger streaming di internet.

dari setiap pengumuman dari jum’at ke jum’at atau dari berita2 di media, masjid nurul islam ini memang terkenal aktif dengan melakukan berbagai kegiatan2 islami, baik itu bedah buku, seminar, bazaar, lomba2 festival islami, dll.

begitu usai jum’atan melintasi halaman mesjid terlihat ada cafe (tempat makan), toko/mini market, boutiqe, kantor bmt – baitul mal tamwil (lembaga keuangan syariah). saya langsung terinspirasi untuk menulis tentang mesjid ini, saya coba jepret2 beberapa foto pakai hape, tapi sayang rupanya hasilnya tdk mengembirakan jadi tdk jadi saya tampilkan disini.

saat mau mulai mengetik artikel ini, ketidak pedean muncul lagi, karena saya tdk mengetahui banyak tentang mesjid ini dan apalagi tidak pernah aktif terlibat aktivitas di mesjid ini. berbekal om google, ternyata mesjid ini punya website juga.

dari web tsb dapat dilihat mesjid ini selain tempat beribadah sholat pada umumnya juga punya 2 unit inti yaitu unit usaha dan unit aktifitas dakwah. unit usaha meliputi salon muslimah, menjahit, mini market, gerai makanan, bmt, dll. sedangkan untuk unit aktifitas dakwah meliputi dana sosial nurul islam (dsni) amanah, lembaga pendidikan nurul islam (lpni), radio rg 108.7 fm, pendidikan anak usia dini, dll. kedua unit ini yang kaya akan aktifitas dan program inilah yang  membuat mesjid ini tidak pernah sepi dari berbagai kegiatan dan publikasi.

mungkin memang seperti inilah ideal mesjid dalam islam. mesjid yang menjadi pusat dakwah dan juga sekaligus bisa memberdayakan umat dalam bidang perekonomian. bukankah terkadang kita jumpai suatu mesjid yang mungkin bangunannya megah tapi sayangnya cuma ada aktivitas saat ketika menunaikan sholat berjamaah saja, setelah itu sepi dan kosong.

mungkin konsep mesjid nurul islam batamindo industrial park ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua dalam “menghidupkan” kembali mesjid2 di sekitar kita.

buat pengurus mesjid nurul islam, teruskanlah memperkaya semua aktivitas islami dan semoga mendapat balasan amal sholeh yang berlipatganda dari Allah SWT, amiin……

4 Responses to “masjid yang jarang sepi….”

  1. ian said

    keren banget😀

  2. Sutan said

    Mesjid banyak megah dan diperbarui tetapi jemaah tidak seberapa, lebih baik kyk surau, kecil tapi sangat berfungsi. Moga info td bsa jdi contoh bg mesjid lain.

    • ardee said

      sedih ya kalo melihat mesjid yang mentereng tapi sepi kegiatan, apalagi kalo pas sholat 5 waktu juga yang terisi cuma 1-2 shaf doang….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: