ardee blog

coretan tertulis

belok kiri ikut isyarat lampu

Posted by ardee on February 27, 2010

seiring di berlakukannya peraturan belok kiri harus stop saat lampu merah (lampu pengatur lalu lintas) uu no 22 tahun 2009, maka belakangan ini di batam saya perhatikan sudah banyak (mungkin semua?) rambu belok kiri jalan terus yang biasanya sering kita temui nempel di tiang lampu merah  di cabut dan di ganti dengan rambu baru yaitu belok kiri ikuti isyarat lampu.

saat pertama sekali saya mengetahui tentang aturan baru ini, saya  menyangsikan keuntungan dari peraturan ini. penjelasan lebih lanjut dari media diketahui bahwa kalo dengan adanya peraturan ini bisa lebih meningkatkan space di persimpangan sekalias mengurangi macet dan juga lebih menguntungan pedestrian (pejalan kaki) yang menyeberang.

ternyata pikiran negatif ini semakin terbukti begitu melihat keadaan di lapangan beberapa hari belakangan ini. pengamatan saya sekitar jam 7-an pagi, di perempatan kabil (plamo/kepri mall) dari arah bandara ke panbil dan juga di pertigaan panbil mall arah piayu  ke batuaji, polisi yg bertugas di persimpangan itu mengatur dan mengharuskan semua kendaraan untuk belok kiri tidak boleh jalan terus. mungkin pak polisi tsb melihat macet akan lebih panjang jika mengikuti peraturan baru tsb.

menurut  pikir pendek saya, untuk keadaan batam saat ini mungkin peraturan ini belum pas untuk diterapkan, dimana kemacetan belum separah kota2 besar lainnya dan juga pemerintah kota juga telah membuat jalur2 khusus untuk belok kiri (tidak melewati lampu lalu lintas).

sedangkan untuk tujuan penyelamatan si penyebrang jalan, pada dasarnya itu lebih ditekankan untuk sosialisasi ke si pengendara bahwa betapa tingginya hak  si penyeberang jalan dibanding dengan pengendara, tapi itu berlaku selama si penyebrang jalan tadi mengikutin prosedur. prosedur yang dimaksud adalah si penyebrang tadi harus nyebrang di zebra cross dan mengikutin isyarat lampu utk penyebrang (jika ada).

pengalaman saya nyetir di negara tetangga, dimana disana belok kanan boleh jalan terus, tapi saya dan pengendara lain harus berhenti di tikungan belok kanan tsb jika ada penyebrang jalan atau  kendaraan lain dari arah yang lampunya sedang hijau  melintas (hak mereka yang jalan karena lampu hijau lebih tinggi dari pada yg melintas  karena belok kanan langsung) . juga saat hendak melewati zebra cross yang bukan di persimpangan, saya harus berhenti jika si penyebrang jalan sudah menapakkan kakinya di zebra cross tsb.

melihat tingkat kesadaran pengendara terhadap penyebrang jalan saat ini, dimana terkadang penyebrang jalan harus menunggu berlama2 di zebra cross untuk bisa menyebrang dengan aman, saya lebih suka kalau ada peraturan yang mengatur untuk hak dan kewajiban penyebrang jalan.

belakangan ini sering kita mengaplikasikan undang2 berdasarkan peraturan lalu lintas di luar negeri, seperti pemakaian seat belt, lampu motor harus nyala siang hari, dll. tapi kenapa ya, peraturan yang untuk penyebrang jalan tidak belum terakomodasi?

6 Responses to “belok kiri ikut isyarat lampu”

  1. Hadi Waluyo said

    mantab Pak…

  2. […] batam centre menuju jembatan barelang ini melewati kawasan industri batamindo, maka kendaraan saya belokkan untuk berputar2 di kawasan industri ini, terlihat bangunan2 pabrik yang disewa oleh manufacturer […]

  3. […] batam expo ke-10 seminggu yang lalu saat berhenti di perempatan sambil menunggu lampu hijau, seperti biasanya saya suka melirik spanduk2 atau baliho yang ada disisi sisi jalan di […]

  4. mochamad toha said

    Memang untuk belok kiri jalan terus saat ini menjadi rancu yang akhirnya tiap kota di negeri kita ini menjadi berbeda-beda aturan nya, ada yg menerapkan ada juga yg menghapus nya. Ini biasanya tergantung geometri simpang itu sendiri.Jika jalan di arah belok kurang lebar maka akan terjadi hambatan atau penumpukan di mulut jalan belokan tersebut.
    Dan untuk penyeberang jalan, setahu saya memang mendapat prioritas , tetapi prioritas yg utama adalah kendaraan dulu, baru penyeberang jalan di urutan prioritas ke dua.
    ( saya adalah teknisi Lampu merah di DKI Jkarta )

    • ardee said

      terimakasih mas udah mampir dan juga memberi pencerahannya…
      suskes selalu dlm bertugas….
      mudah2an problem kemacetan jkt bisa menurun dan lancar jaya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: